Kamis, 10 Maret 2011

Menyiapkan generasi masa depan yang cerdas, kreatif, mandiri dan berakhlaq mulia dengan prinsip melayani dan memuliakan

Muqoddimah

Menghadapi era globalisasi dan berbagai tantangan masa depan, rasanya tidak cukup dengan pribadi yang memiliki kecerdasan intelektual semata namun perlu dikokohkan dengan kecerdasan spiritual. Bahkan kecerdasan spiritual ini memegang peran cukup urgent (penting) untuk melahirkan pribadi yang tak mudah rapuh dan tergerus godaan zaman. Pesatnya arus informasi dan maraknya penyebaran nilai-nilai kehidupan dari berbagai belahan dunia melalui media TV, perlu mendapatkan perhatian khusus agar seorang anak tumbuh menjadi generasi yang maju dalam sisi intelektual dan berpegang teguh pada prinsip-prinsip kehidupan sesuai dengan nilai moral dan agama.

Pendidikan merupakan sebuah proses dan sekaligus sistem yang bernuara pada pencapaian tujuan tertentu yang dinilai dan diyakini sebagai tujuan yang ideal. Oleh karena  SD Muhammadiyah Program Khusus Nogosari didirikan untuk merespon tuntutan atas perubahan dan berkembangnya sistem pendidikan  dewasa ini.
SD Muhammadiyah PK Nogosari yang di resmikan oleh Bapak Prof. Dr. Amien Rais, MA. Pada tanggal 27 Juli 2007, mengupayakan terbentuknya manusia muslim yang berkualitas Ulul Albab dan berkarakter Islami,  SD Muhammadiyah PK bermaksud menjadikan “pusat unggulan ketauhidan dan keilmuan” melalui penerapan  Kurikulum Sekolah Syariah (KSS) dan kurikulum  inilah salah satu penyebab SD Muhammadiyah PK menjadi unggulan di Nogosari dan sekitarnya.
   
Tujuan Pendidikan
Pendidikan SD Muhammadiyah PK  menerapkan integrateed curriculum yang berorientasi pada 3 pilar utama yaitu  (1) Menanamkan jiwa keberagamaan yang kuat sesuai dengan ajaran Islam, sehingga melahirkan iman yang kokoh, taat beribadah dan berkarakter. (2) Menumbuhkembangkan seluruh potensi kecerdasan majemuk peserta didik (yang meliputi kecerdasan intelektual, emosional, intra personal, antar personal, kinestetik, spiritual, musikal, spasial, dan bahasa) dengan melaksanakan kegiatan belajar-mengajar yang efektif. (3) Mengasah peserta didik dengan segala potensinya menjadi pribadi  yang berkarakter  dan bertanggung jawab,  Sehingga melahirkan anak didik :
  1. Beraqidah kuat (tarbiyatul aqoidiyah)
  2. berakhlaq mulia (tarbiyatul akhlaq)
  3. Berfikir cerdas (tarbiyatul fikriyah)
  4. sehat dan kuat (tarbiyatul jasadiyah)
  5. Kreatif dan mandiri (tarbiyatul amaliah) 
Sistem Pembelajaran
Dengan menerapkan sistem Pembelajaran  Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) diikuti dengan penyusunan jadwal yang bervariasi sesuai dengan kondisi pysikologi anak dengan pola satu kelas dibimbing 2 guru,  dan kegiatan out bound secara berkala.  Dengan  sistem pembelajaran yang demikian diharapkan;
  1. Adanya Kegiatan Belajar Mengajar yang kondosif sesuai prinsip PAIKEM
  2. Meningkaatkan pemahaman dan penguasaan materi pembelajaran
  
Materi pelajaran
Kemampuan Dasar
Pengembangan keilmuan
Pegembangan diri 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar